Tips

Cara Cegah Kuman dan Virus pada Baju Bayi yang Ampuh

Kispray - Hai, Moms! Di masa pandemi saat ini salah satu  hal yang paling dikhawatirkan pasti masalah kesehatan. Apalagi bagi Anda yang memiliki anak bayi di rumah, dan sangat rentan dengan virus dan bakteri. Orang tua yang harus keluar rumah misalnya, pasti khawatir jika membawa bakteri atau virus dari luar. Virus dan bakteri ini, juga mudah menempel pada pakaian bayi.

Cara Cegah Kuman dan Virus pada Baju

Untuk menghindarinya ada beberapa cara cegah kuman dan virus pada baju bayi yang cukup ampuh, seperti berikut ini.

Pisahkan dengan Baju Lain

Memiliki banyak anggota keluarga di rumah pasti akan sulit untuk mengontrol kebersihannya. Untuk itu, Anda perlu memisahkan baju bayi dan dewasa agar tidak terkontaminasi dengan kuman dan virus yang tak diinginkan. Kulit dan imun bayi sangat rentan dengan virus, terutama jika orang tua lengah dalam kebersihan dan perlindungannya.

Menggunakan Desinfektan

Menggunakan desinfektan ternyata ampuh loh Moms untuk mencegah virus dan kuman pada baju bayi. Anda bisa menggunakan desinfektan yang dijual di pasar, tak perlu yang khusus.

Atau jika ingin memastikan kandungannya, Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampurkan cuka dan air panas dalam satu wadah. Kedua kandungan ini, bisa berfungsi layaknya desinfektan untuk membunuh kuman dan virus.

Menggunakan desinfektan juga tak bisa sembarangan, perlu takaran dan tindakan yang sesuai. Pertama, rendam pakaian anak dengan desinfektan atau dua campuran tadi.

Perkirakan waktu sekitar 30 hingga 45 menit agar kuman dan virus dapat hilang secara maksimal. Setelah itu, cuci kembali pakaian seperti biasa untuk menghilangkan residu pada bahan tersebut.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, meski sama-sama berguna untuk membunuh kuman, menggunakan desinfektan dan cuka akan menimbulkan bau yang berbeda. Desinfektan cenderung lebih mudah menghilangkan aroma dengan cara mencuci biasa. Beda halnya jika menggunakan cuka, karena tidak akan menghilangkan bau asam hanya dengan sekali cuci.

Anda, perlu mencuci dan membilasnya beberapa kali untuk menghilangkan aroma pada pakaian yang telah dibersihkan. Cegah kuman dan virus pada baju bayi sebenarnya cukup mudah, asal dilakukan rutin dam terpisah.

Menggunakan Kispray saat Menyetrika

Jika Anda masih ragu menggunakan disinfektan untuk baju bayi maka cukup cuci dengan sabun cuci biasa saja. Kemudian pada saat menyetrika semprotkan pelembut dan pewangi pakaian kispray anti kuman.

Kenapa harus kispray ? karena kandungan alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride yang terdapat pada kispray terbukti mampu membunuh kuman, bakteri dan juga virus yang menempel pada pakaian.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa moms lakukan untuk mencegah kuman dan virus yang menempel pada baju bayi. Jangan sampai buah hati tercinta jadi sakit gara - gara kuman dan virus yang menempel di pakaian.

Baca Tips Lainnya

Begini Caranya Pakaian Tetap Wangi Walaupun Berkeringat
Wajib Dicoba, Tips Menyetrika dengan Cepat dan Rapih
Trik Melipat Baju dalam Hitungan Detik, Wajib Coba Nih
Memilih Parfum Sesuai dengan Kepribadian Kamu
Ini Perbedaan Parfum Mewah dengan Parfum Biasa