Tips

Cara Mengatasi Kuman Penyebab Bau Apek

Bau apek pada perabot rumah tangga seperti sofa, pakaian, atau handuk pasti mengganggu aktifitas Anda di rumah. Terlebih, saat berkumpul bersama keluarga atau sedang menerima tamu. Bau apek karena kuman pada pakaian juga akan membuat Anda tidak percaya diri saat keluar rumah. Untuk menghindarinya, ada beberapa cara mengatasi kuman penyebab bau apek yang bisa dilakukan.

Sebelum itu, akan lebih baik jika Anda mengetahui sebab paling umum pakaian atau kain berbau apek. Jamur adalah sebab paling utama, bisa timbul karena makanan atau minuman yang tumpah di atas sofa atau tempat tidur. Jika dibiarkan, kain akan lembab dan menyebabkan jamur mudah tumbuh.

Jamur inilah yang membuat kain mengeluarkan bau, dan berbahaya bagi kulit. Selain jamur, bisa juga karena kuman sisa minuman, makanan dan jarang dibersihkan. Ada juga karena keringat dari tubuh penggunanya, kondisi tubuh yang basah akan diserap oleh kain dan menimbulkan bau tak sedap.

Cara Mengatasi Kuman Penyebab Bau Apek

Menghilangkan bau tersebut sebenarnya cukup mudah, dan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya yang besar. Berikut ini cara mengatasinya.

Jemur di Bawah Terik Matahari

Menjemur pakaian, kain atau sofa di bawah terik matahari adalah penanganan yang paling baik. Panas dari matahari akan menghilangkan jamur dan bakteri yang melekat.

Pastikan untuk menjemur pada cuaca yang cerah, yang langsung terkena cahaya matahari. Angkat kembali jika kain sudah kering, atau Anda bisa mencucinya terlebih dulu.

Siram dengan Baking Soda

Menyerap kain dengan baking soda juga bisa menjadi cara yang ampuh selain menjemur. Cukup dengan menabur baking soda ke seluruh sofa atau kain yang berbau, lalu diamkan beberapa jam.

Gunakan Air Lemon

Cara lain yang juga ampuh namun tak banyak digunakan adalah dengan perasan air lemon. Gunakanlah takaran 1:1 antara perasan lemon dan air putih. Berikutnya masukkan ke dalam wadah khusus spray, dam semprotkan ke seluruh area kain.

Tapi pastikan jika kain yang disemprotkan tidak sampai basah, cukup untuk membuatnya lembab. Setelah itu, diamkan hingga kain mengering dan tak lagi berbau.

Semprot Kispray

Kispray anti kuman memiliki kandungan alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride yang sudah terbukti ampuh membunuh bakteri dan kuman penyebab bau apek. Semprotkan kispray ke seluruh bagian kain yang bau apek dan diamkan hingga kering. Kispray juga memiliki aroma yang harum sehingga kain atau pakaian menjadi lebih wangi sepanjang hari.

Demikian beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau apek. Cara diatas sudah dibuktikan banyak orang tinggal kamu pilih cara mana yang sekiranya paling cocok untuk dilakukan. Selamat mencoba!

Baca Tips Lainnya

Begini Caranya Pakaian Tetap Wangi Walaupun Berkeringat
Wajib Dicoba, Tips Menyetrika dengan Cepat dan Rapih
Trik Melipat Baju dalam Hitungan Detik, Wajib Coba Nih
Memilih Parfum Sesuai dengan Kepribadian Kamu
Ini Perbedaan Parfum Mewah dengan Parfum Biasa