Tips

Membuat Disinfektan dengan Campuran Pewangi Pakaian

Kispray - Sejauh ini, pandemi Covid-19 semakin meluas dan jumlah penderita mengalami peningkatan. Salah satu upaya masyarakat untuk mencegah penularan virus corona adalah dengan menyemprotkan disinfektan di lingkungan rumah. Namun, tingginya permintaan disinfektan mempengaruhi keberadaannya yang mulai langka dan harga cukup mahal.

Untuk mengurangi buaya pengeluaran rumah tangga, banyak masyarakat yang membuat disinfektan sendiri menggunakan bahan-bahan sederhana. Disinfektan ini tentu tetap ampuh dan pasti lebih aman tidak mencemari lingkungan. Selain itu, biaya yang dibutuhkan jauh lebih murah.

Aneka Cara Membuat Disinfektan Sederhana dengan Pewangi Pakaian

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat disinfektan sendiri di rumah. Tentunya dengan biaya yang sangat hemat dan prosesnya sangt cepat. Nah. berikut ini adalah 4 cara membuat disinfektan sederhana yang bisa Anda coba:

Disinfektan dari Cuka dan Pewangi Pakaian

Menurut beberapa sumber, cuka dapat dimanfaatkan sebagai cairan disinfektan. Masukkan 4 gelas air panas, seperempat gelas cuka dan dua sendok makan soda kue. Aduk sampai semua bahan larut. Lalu, ambil satu buah lemon dan masukkan air perasaan lemon tersebut ke dalam larutan disinfektan. Tunggu hingga dingin.

Setelah dingin, tambahkan satu sachet pewangi pakaian yang mengandung anti bakteri ke dalam larutan. Aduk hingga merata, kemudian saring larutan disinfektan sebelum digunakan. Pindahkan ke dalam botol semprot, cairan pembasmi virus sudah siap diaplikasikan.

Disinfektan dari Rubbing Alkohol dan Pewangi Pakaian

Rubbing alkohol merupakan bahan yang biasa dimanfaatkan untuk menyembuhkan luka goresan. Para ahli menyatakan, rubbing alkohol juga dapat digunakan sebagai bahan pembuat disinfektan. Rubbing Alkohol sendiri sering dimanfaatkan untuk keperluan medis di rumah sakit.

Tuang kurang lebih 30 tetes pewangi pakaian dengan kandungan antibakteri ke dalam botol semprot. Lalu, tambahkan 30 mL rubbing alkohol. Masukkan air hingga memenuhi boto semprot. Kocok sampai seluruh bahan tercampur. Cairan disinfektan siap diaplikasikan. Perlu diperhatikan, takaran rubbing alkohol harus tepat tidak boleh kurang atau lebih.

Disinfektan dari Pemutih Pakaian dan Pewangi Pakaian

Cara yang satu ini pertama kali dikenalkan oleh Nahla Shihab. Dokter muda ini menyarankan masyarakat untuk menggunakan disinfektan menggunakan cairan pemutih pakaian. Masukkan 900 mL air ke dalam botol semprot, lalu tambahkan 95 pemutih pakaian dan satu sachet pewangi pakaian.

Nahla Shihab menyarankan masyarakat untuk menyemprotkan cairan disinfektan setidaknya 2 kali sehari. Benda-benda yang mungkin ditumbuhi virus atau bakteri antara lain keran, shower, tombol siram pada toilet, gagang pintu, saklar, remote tv, remote AC, dan masih banyak lagi.


Disinfektan dari Alkohol 70% dan Pewangi Pakaian

Alkohol 70% pasti selalu ada di dalam kotak P3K. Bahan yang dimanfaatkan untuk keperluan medis ini juga ampuh membasmi virus dan bakteri. Dari segi harga pun jauh lebih terjangkau, serta bahan ini mudah didapatkan di toko maupun apotek terdekat. Cara pembuatannya cukup mudah seperti disinfektan lainnya.

Siapkan 250 mL Alkohol 70%, pastikan belum melewati masa kadaluwarsa. Campurkan bahan tersebut ke dalam satu liter air. Lalu, tambahkan setengah sachet pewangi pakaian yang mengandung antibakteri. Masukkan larutan ke dalam botol semprot. Cairan disinfektan sudah dapat digunakan.

Pertanyaannya, pewangi pakaian apa yang pas untuk membuat disinfektan ?

Anda bisa menggunakan Kispray pelembut dan pewangi pakaian. Mengapa ? karena Kispray memiliki kandungan alkyl dimethyl benzyl ammonium chloride yang terbukti ampuh membunuh kuman, bakteri dan juga virus termasuk virus corona lho. Nah, tunggu apalagi, segera beli Kispray sekarang dan buat disinfektan kreasi Anda sendiri.

Baca Tips Lainnya

Selain untuk Pakaian, Kamu Juga Bisa Menggunakan Kispray Untuk Benda-Benda Ini Lho
Sambut New Normal Dengan New Fashion
Menyampaikan Ekspresi Diri dengan Fashion yang Kamu Pakai
Tips Mengatasi Bau Tidak Sedap pada Jok Mobil dengan Pewangi Pakaian
Tips Mengatasi Bau Sepatu dengan Mudah