Tips

Tips Mencuci Karpet dengan Benar

Kispray - Hayo siapa di sini yang bingung kalau ada tugas mencuci karpet di rumah? Memang tidak bisa di pungkiri lagi dengan diameter yang begitu besar dan beban yang berat, karpet cukup merepotkan dan bisa bikin otak berputar mencari cara supaya bisa dicuci.

Kalau diketahui sih cara membersihkan karpet itu cukup menyemprotkan air dan menggosok dengan sikat. Tapi dibalik apa yang kita ketahui, ternyata mencuci karpet tidak sesimpel itu. Ada teknik untuk mencucinya, supaya bisa lebih mudah dibersihkan.

Dan untuk itu, jika kalian mempunyai tugas rumah untuk membersihkan karpet sendiri. Ketahui beberapa tips mencuci karpet di bawah ini. Setelah mengetahuinya pasti kalian jadi tahu teknik yang benar, dan proses pencucian karpet jadi mudah dilakukan.

Tips Mencuci Karpet dengan Benar

Cara mencuci karpet secara manual

1.          Hal pertama saat mau mencuci karpet secara manual adalah memastikan lokasi untuk mencuci muat dengan karpet. Jika hal itu bisa dipastikan kini gantung karpet di sana, lalu bersihkan debu-debunya.

2.          Setelah itu siram air dengan menggunakan semprotan supaya ada tekanan supaya air bisa masuk ke pori-pori karpet. Lalu sabuni karpet dengan sabun khusus karpet.

3.          Jika sudah, kini bilas karpet untuk membersihkan kotorannya. Kemudian jemur tapingan di bawah terik matahari. Cukup di ruangan yang ada udara panas, supaya bulu yang ada di karpet jadi lepek.

4.          Setelah kering, jangan langsung angkat karpet tersebut. Untuk mengembalikan bentuk karpet seperti semula, beri baking soda di karpet tadi kemudian bersih dengan menggunakan penyedot debu.

Cara mencuci karpet dengan mesin cuci

Dan untuk melanjutkan tahap selanjutnya, di sini ada hal yang perlu diketahui. Kalau mesin cuci yang digunakan tidak seperti mesin mencuci pakaian. Mesin cuci yang digunakan memang khusus untuk mencuci karpet, hal itu untuk menyesuaikan bentuk dan ukuran karpet. Dan jika kalian belum tahu seperti apa bentuknya, bisa diketahui dengan mencarinya di mesin pencarian alias Google.

1.          Untuk cara kedua, tahap awalnya sama hal seperti langkah di atas. Terlebih dahulu kita bersihkan debu-debu yang menempel di karpet tersebut. Untuk pembersihannya kalau di rumah ada alat penyedot debu maka gunakan alat itu. Jika tidak, alternatifnya dengan menggunakan sapu yang dipukulkan ke karpet.

2.          Jika sudah bersih dan debu sudah berkurang, kini masukan karpet ke dalam mesin cuci khusus karpet. Jangan lupa untuk memasukkan juga sabun cuci karpet supaya lebih bersih.

3.          Jika pembersihan sudah selesai, kini kasih pelembut ke karpet tadi. Kemudian jemur dengan cara di gantung, tapi jangan di bawah terik matahari langsung.

4.          Nah, apabila sudah kering kini beri karpebaking soda untuk mengembalikan bentuk semula. Tunggu kurang lebih 5 menit sampai karpet mengembang, lalu bersihkan dengan menggunakan alat penyedot debu.

 

Nah, itu dia beberapa tips mencuci karpet dengan benar, Supaya karpet tetap harum dan wangi, bisa menggunakan Kispray pewangi pakaian setelah selesai dicuci. Kispray memiliki kandungan antibakteri dan antikuman yang terbukti ampuh menghilangkan bau yang ditimbulkan oleh kuman dan jamur. Semprotkan kispray ke seluruh bagian karpet secara merata lalu keringkan.

Baca Tips Lainnya

Trend Baju Tidur dengan Model yang Unik
Tips Membersihkan Jok Mobil Agar Bebas dari Kuman
Tips Memakai Parfum Agar Wanginya Tidak Cepat Hilang
Tampil Menawan dengan Kebaya Modern
Style Kaos Oblong yang Keren Abis